Kamis, 15 September 2011

sistem ekonomi

 1. Pengertian Sistem Ekonomi
   Sistem Ekonomi adalah suatu cara untuk mengatur dan engorganisasi segala aktivitas ekonomi dalam masyarakat. Sistem ekonomi berperan dalam mengatasi permasalahan ekonomi.

2. Macam-macam Sistem ekonomian
   a. sistem ekonomi tradisional
sistem ekonomi tradisional berkembang pada masyarakat yang pola hidupnya tradisional. Masyarakat memproduksi sendiri barang-barang yang dibutuhkan secara tradisional. Sistem ekonomi tradisional memiliki ciri-ciri antaralain :
- Belum adanya pembagian kerja dalam masyarakat
- pemenuhan kebutuhan biasanya menerapkan sisitem barter.
- Aktifitas ekonomi dilakukan menurut kebiasaan(tradisi) masyarakat.
Kelebihan eonomi tradisional antara lain tidak ada persaingaan dalam kegiatan ekonomi dan kegiatan ekonomi dilakukan hanya untuk memenuhi nkebutuhan. kelemahan sistem ekonomi tradisional yaitu kegiatan ekonomi hanya memenuhi kebuthan bukan meningkatkn tarap hidup.

  b. sistem ekonomi komando
pada sistem ekonomi komando seluruh kegiatan terpusat oleh pemerintah. Sistem ekonomi komando memeiliki ciri-ciri yaitu sumber produksi dimiliki negara, kebebasan masyarakat dalam berekonomi tidakk ada. Kelebihan sistem ekonomi komando pemerintah bertanggung jawab sepenuhnya terhadap kegiatan dan jenis perekonomian. Kelemahan sistem ekonomi komando ini siatif dan daya kreasi individu tidak berkembang.

  c. sistem ekonomi liberal
Sistem ekonomi liberal (kasar) memberikan kebebasan kepada masyaakat agar mengatur kegiatan ekonomi sesuai kemampuannya. Sistem ekonomi liberal memiliki ciri adanya pesaingan usaha yang ketat dalam kegiatan ekonomi serta tidak ada campur tangan pemetintah dalam kegiatan ekonomi. kelebihan sistem ekonomi pasar yaitu setiap individu bebas berekonomi sesuai dengan kemampuannya. Kelemahan sistem ekonomi pasar yaitu adanya persaingan tidak sehat karna timbulnya exploitasi ekonomi oleh pemilik modal.

  d. sistem ekonomi campuran
pada sistem ekonomi campuran pemerintah dan swasta memiliki peran yang berimbang. Sistem ekonomi campuran memiliki ciri-ciri tatanan ekonomi merupakan perpaduan antara sistem ekonomi pasar atau komando. Kelebihan sistemm ekonomi campuran yaitu pertmbuhan ekonomi terjaga kestabilannya. Kelemahan sistem ekonomi campuran yaitu campur tangan pemerintah yang lemah memungkinkan berlakunya sistem ekonomi pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar