Kamis, 15 September 2011

permasalahan ekonomi

            Masalah ekonomi yaitu masalah yang di hadapi oleh manusia yang berkaitan dengan masalah kelangkaan sumber daya. manusia perlu menentukan alternatif pilahan dalam mengalokasikan sumber daya agar memperoleh kepuasan maksimal. Penentuan alternatif pilihan perlu mempertimbangkan permasalahn pokok ekonomi modern yang diperinci dengan berbagi prtanyaan berikut :

              1. Apa Barang yang akan Diproduksi (What)
   Pertanyaan apa yang berkaitan dengan jenis dan jumlah barang yang akan diproduksi. Produsen perlu  menentukan jenis barang secara cermat agar sesuai dengan selera pasar. Misalnya, produsen harus menentukan sebidang tanah akan digunakan untuk lokasi pabrik, lahan pertanian atau perkebunan,perniagaan ataupun perumahan. Jika sebidang tanah untuk pabrik,produsen perlu menentukan jenis usaha sertaa jumlah produknya.

               2.   Bagaimana (How)
   Pertanyaan bagaimana berkaitan dengan tekhnik produksi dan kemampuan produsen dalam arus mengombinasikan faktor produksi pada proses produksi. Produsen harus menentukan alternatif tekhnik produksi yang paling efisien. Produsen perlu memperhatikan bebeerapa faktor antara lain memilih ombinasi secara nasional, mementkan teknologi yang tepat,serta memperhatikan faktor yang berpengaruh hadap perekonimian negeri.

               3.   Untuk siapa (For Whom)
   Pertanyaan unutk siapa berkaitan dengan penentuan konsumen. Pada lingkup nasional, pertanyaan untuk siapa beraitan dengan penetuan pendistribusian pendapatan nasional secra adil dan merata.


















0



               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar