Kamis, 15 September 2011

kelangkaan sumber daya

            Kelangkaan adalah ketidakseimbangannya antara sumber daya ekonomi yang bersifat terbatas dengan jumlah kebutuhan hidup yang beragam (beragam).agar kebutuhan ekonomi yang beragam bisa trpenuhi secara memuaskan seseorang harus memanfaatkan sumber daya yang ada dengan rasinal dan bijaksana.
  1.  Sebab-sebab kelangkaan :
         a. Keterbatasan Sumber Daya 
   Alam menyediakan sumber daya yang melimpah tetapi jumlah terbatas.Sumber daya dapat di bedakan maenjadi dua yaitu sumber daya yang bisa di perbaharui dan tidak bisa di perbaharui.Tetapi jumlahnya semakin berkurang karena manusia memanfaatkannya dengan serakah.

         b. Perbedaan Letak geografis 
   Letak geografis di dunia tidak sama sehingga persebaran sumber daya menjadi tidak merata. Perbedaan geografis dapat menyebabkan kelangkaan sumber daya.

         c. Pertambahan Jumlah Penduduk
          Secara teori laju pertumbuhan penduduk lebih cepat daripada pertumbuhan produksi.menurut Thomas Robert Malthus,ahli ekonomi menurutnya manusia tumbuh mengikuti deret ukur (1,2,4,8,16 dst), sementara lajur produksi tumbuh mengikuti deret hitung (1,2,3,4,5dst), hebatnya hasil produksi tidak cukup untuk memenuhi kehidupan yang beragam.

          d. Keterbatasan Kemampuan Produksi
   Produksi adalah kegiatan mengombinasikan faktor-faktor produksi untuk menciptakan atau menambah nilai guna barang. Jika kapasitas produksi terbatas pemenuhan kebutuhan tidak bisa tercapai, hal ini di sebabkan oleh pemakaian tekhnologi yang masih sederhana.

         e. Bencana Alam
   Bencana Alam adalah faktor alam yang bisa mempengaruhi pemenuhan kebutuhan hidup, karna      bencana alam dapat menimbulkan kerusakan lingkungan yang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup manusia.

      2.   Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi
          Kelangkaan ini berkaitan dengan jumlah sumber daya yang terbatas. Kelangkaan sumber daya ekonomi akan brdampak bagi kehidupan masyarakat maupun pemerintah.

        a. Kelangkaan sumber daya alam 
  Sumberdaya alam terbagi menjadi sumber energi, barang tambang,hutan, air dan tanah. Negara maju biasanya memiliki barang mentah yang terbatas seperti barang tambang dan hasil hutan. Untuk menatasi kelangkaan barang mentah negara maju mendatangkannya dari negara lain.

        b. Kelangkaan sumber daya manusia
   Dinegara berkembang sumber daya manusia berjumlah relatif besar,tetapi kualitasnya masih rendah. Sebagian besar sumber daya manusia di negara berkembang relatif kurang, pengalaman, dan kurang terampil.Kondisi ini menyebabkan kelngkaan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi.

         c. Kelangkaan Sumber daya modal 
     kelngkaan modal merupakan masalah yang biasadi hadapi oleh negara yang sedang berkembang. hal yang menyebabkannya juga adalah teknologi yang digunakan di negara-negara yang sedang berkembang bersifat tradisional.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar